Friday, March 04, 2005
noldie dan pariban dari bandung
Suit…suit…suit!!!!!!!! Wodezikkkkkkkk! Suit…suit…suit!!!!!!! Wodezikkkkkk! *seumpamanya itu adalah bunyi dering sms gw…secara itu adalah siulan nakal dQ setiap gw lewat di depan mukanya…hihihiihihihihi*
Noldie…jangan lupa kau yah nanti malam jam 7. Tadi nantulangmu sudah menghubungi mama lagi. Mama bilang iyah. Jangan kau bikin malu mamamu ini yah, mang! *nb: mang = amang = panggilan ibu2 kepada anak laki2nya yang udah gede*

Kepala gw mendadak muter 7 keliling baca sms “sakti” nyokap. Dimulai dari hari Minggu di depan tipi….

“Kau masih ingat si Rotua. Anak tulang mu par bandung?”

“Hm…Rotua tuh yang dulu cengeng banget yah? Yang item dekil itu kan?”

“Babami! Ga boleh gitu. Pariban mu itu.” *nb: babami = mulutmu itu!*

“Ye…dulu waktu kecil dia kan emang cengeng banget. Item, dekil pulak. Anak perempuan kok yah item. Kenapa emang?”

“Besok…Tulang, Nantulang ama si Rotua mau datang kesini. Makan malam.”

“O…kirain ada apa. Bilangin Ma, bawain Pisang Saleh ama Kripik Tempe yah”

“Kaulah yang telpon Tulangmu. Baik kok Tulangmu itu.”

“Ga akh. Mama aja dehhh!”


Tiba2 abang gw nyeletuk…

“Yah gpp lagi de…ama camer ini.”

“Kok camer sih? Jaka Sembung bawa goblok…ga nyambung golok”

“Wakakakkakakkakaka. Liat aja deh ntar.”

“Udah…jangan kau dengar abangmu itu. Lagi stress dia.” Jawab nyokap sedikit gelapan.


Gw diem aja sambil nerusin nonton. Tapi otak gw jadi sedikit keganggu. Tulang gw datang ama nantulang plus pariban gw yang item dekil itu. Abang gw nyeletuk kalo itu adalah camer gw. Nyokap bokap gw udah gw kenalin ama cewek gw [“I”]. pasti ada yang ga beres ini.

“Ma…sebenarnya ada apa sih?”

“Akh…kau dengar2lah omongan abangmu itu. Tulang sama Nantulang Cuma mau ngeliat Bapakmu aja. Udah 3 tahun sejak Bapak stroke, Tulangmu ga pernah ngeliat. Cuma itu aja kok”

“Ok. Tapi kalo ada macem2, awas yah. Aku ga suka Mama ama Bapak ngambil keputusan apapun untuk hidup aku tanpa konfirmasi dulu.”


Mama diem. Gw diem. Abang diem.


“Hm…gimana hubunganmu dengan “I”?


Nah…ketahuan deh belangnya…!!!!!


“Dia baik-baik aja. Jangan bilang kalo ini soal perjodohan. Aku ga suka.”

“Kok kau ngomong gitu ke mama?”

“Yah…aneh aja. Hari gini masih aja ajang jodoh. Sekalian aja kirim potoku ke kompas. Rubrik jodoh”


Mama diem. Gw diem. Abang diem.


“Dengar yah, Mang! Mama ga mungkin lah asal menjodohkan. Mama juga tau kalian semua punya keinginan masing-masing. Tapi coba lah kenal dulu paribanmu itu. Ga ada salahnya kan?”

“Ga ada salahnya? Kalo aku ga punya pacar, iyah! Tapi kalo udah, salah besar, Ma!”


Mama diem. Gw diem. Abang diem.


“Yah udahlah. De, anggap aja Tulang kesini emang mo ngeliat Bapak. Jadi jangan apriori dulu. Belon tentu kan si Rotua suka ama elu. Jangan2 si Rotua juga ogah ama elu.”


Garing! Pengen gw cabik2 cengengesan jelek di muka abang gw yang tak tau diri itu. Huh!


“Bodo amat! Ga usah rese deh”

“Lagian, Bapak kan ga setuju kau sama si “I”. Bapak sama Mama pacarmu itu beda agama.”

“Sejak kapan Bapak perduli? Udah deh, Ma! Kalo udah ada niat ngejodohin gitu, siapa aja perempuan di dunia ini pasti kurang dan jelek di mata mama ama bapak.”

“Malu nanti keluarga kita, Mang! Janganlah keras kepala mu itu kau pakai.”

“kenapa mesti aku? Kenapa juga ga abang?”

“Eh…eh…jangan bawa2 aku yah.”

“Loh. Sama aja kan? Sama2 pariban kita kok. Trus kita sama2 belon married. Trus…apa bedanya?”

“Lu udah gila kali ye? Gw udah mo kawin akhir tahun ini!”

“Yah udah akh. Jadi males nonton! Pokoknya, aku ga mau! Mau dipaksa sampe mampus juga, ga mau!”


Gw mo ngabur ke kamar. Tapi nyokap mendadak keluar sopran 7 oktafnya…


“Kau ga boleh gitu yah! Pantang itu! Lagian yang maksa kau siapa? Mama kan cuma bilang coba kenal aja dulu paribanmu itu. Kalo ga cocok, yah udah. Ga ada maksa.”


Muka nyokap udah merah. Berabe deh kalo nyokap udah ngeluarin sopran 7 oktafnya! Gw ga bisa ngapa2in lagi. ga tega liat nyokap darah tinggi gitu.


Dan sekarang, pikiran gw kacau di kantor. Hm…nelpon “I” kayanya ga mungkin. Tadi dia sms, bilang kalo dia lagi bete ama kerjaannya yang segunung. Gw bener2 ga ngerti ama jalan pikiran nyokap ama bokap. Bisa2nya punya pikiran gitu.

Ada beberapa fakta yang bikin gw ga sreg : 1. Gw mau jalan 26 tahun. Jadi gw belon masuk dalam usia yang sekarat *sambil lirik penuh hormat kepada rio dan dQ* yang udah dapet lampu kuning. 26 tahun gettow lohhhh. Ikh…ga banget!


2. Gw udah punya cewek yang cantiknya luar biasa bagi gw.


3. Pariban gw tuh kecilnya aja cengeng banget. Pasti gedenya ambekan. Kecilnya aja item dan dekil. Pasti gedenya *yah kalo pun ada perubahan karena perawatan tubuh*… berkulit sawo tua dengan penampilan yang sedikit berantakan dan baju yang ga match.


4. Udah ga jaman kali ajang jodoh. Bisa2 diketawain anak cucu gw ntar. Kalo mereka adalah buah dari seorang pria yang tidak bisa memperjuangkan cintanya kaya di film2 itu.


5. Ga nambah sodara. Soalnya itu2 juga sodaranya. Ga berkembang banget.


6. Namanya aja Rotua. Ga komersil *minjem istilah mbak MUKAS di Indonesia Idol*



Sebenarnya masih segudang alasan lagi. tapi capek kaleee nulisnya. Dan isi sms nyokap itu adalah palu yang diketokkan hakim. Keputusan final. Apa gw banding aja kali yah bo? Ikh…

Akhirnya gw sampe juga di rumah. Belon jam 7. nyokap sumringah banget ngeliat gw. Buru2 disuruh mandi. Prasaan udah lama banget deh nyokap ga pernah ngingetin gw mandi lagi. tapi hari ini, khusus bagi dia. Gw udah nyium aroma masakan yang aduhai. Laper juga sih bo. Gitu gw naik ke atas, tau2 gw liat abang gw juga udah nyampe di kamarnya. Ternyata seisi rumah dikerahkan ama nyokap menyambut tamu spesialnya. Ikh…! Abang gw masih aja cengengesan. Sebel! Dengan sedikit melotot, gw nyeletuk…

“Apaan sih cengengesan gitu. Mending bagus senyumnya”

Meledaklah tawanya. Membahana. Sekaligus membakar emosi gw. Huh!!!!!

Sejam kemudian, datanglah tamu special nyokap gw. Gw ama abang gw ditreakin supaya turun. Abang gw pake celana panjang ama kaos. Dan gw…hihihiihihiihhi…celana pendek ama kaos you can see. Bulu ketek kemana2. hihihihiihihihiihihihihihi. Nyokap ga sadar matanya udah melotot dan mukanya udah kaya kepiting rebus. Forgive me mom!

“Bah…Noldie…apanya kau ini. Tulangmu datang kau pake baju itu. Dang adong adapt ni on [ga ada sopanmu]” Nyokap gw nyeletuk gemes.

Tulang ketawa.

“Akh gpp. Santai sajalah. Udah besar kau yah, Noldie. Padahal kayanya masih kecil kau dulu Tulang gendong2.”

Gw ketawa basa basi. Prasaan terakhir ketemu 3 tahun yang lalu deh. dan badan gw udah juga udah seseksi sekarang ini. Basa basi yang menyenangkan!

Tapi sebenarnya gw ga bisa nahan kaget. Karena ama Tulang gw, ada cewek cakep. Gw takut kalo itu Rotua. Ikh…ga mungkin banget. Masa dia yang dulu jelek banget, bisa jadi cantik kaya gini. Emang bener gitu kisah itik buruk rupa jadi angsa yang cantik? DONGENG KAN ITU?!?!?!?!?!?! *ga rela mode on*


Dan tamparan keras itu pun sampai juga ke pipi gw gitu Tulang gw bilang kalo itu adalah Rotua. Waduh….muka gw berasa bonyok ditamparin orang sekampung. Kenapa ga dari dulu aja sih kenalannya…! Wakakkakakakakka!

Setelah makan itu, gw nonton b3. Gw, Abang, ama Rotua. Ternyata dia anaknya asik banget. Khas Bandung deh. Ya olo…pariban gw udah bukan kaya cewek batak lagi…udah jadi NENG GEULIS! Ga nyangka punya pariban secantik itu. Sempet juga sih jelalatan gw ngeliatin jidatnya yang kinclong. Kekkekekekekekekekekkeke!

Untung deh, dia diajak ngobrol enak. Ketawa2 bertiga. Cerita2 lucu. Dan seperti biasa, gw lah yang memimpin acara. Secara abang gw emang sedikit bicara, Rotua juga keliatannya sedikit jaim. Akhirnya lebih banyak gw koar2 kaya bebek. Capek juga uey.

Ga berasa udah larut malam. Dan mereka akhirnya pulang. Huh!!!!!! Ga berasa. Tadinya gw yang nolak mentah-mentah, kok jadi malah asik ngobrol. Akhirnya gw malu sendiri. Ga kebayang aja kalo si Rotua tau kisah sebelumnya. Ehm…dari situ gw bisa belajar banyak hal. Tentang bersikap wise, dan mau menghargai keinginan orang lain *nyokap*.

“Noldie, gimana menurutmu si Rotua?”

“baik, cantik, ramah! Enak kok diajak ngobrol.”

“Mama juga udah liat seperti itu. Ga nyangka Mama dia cantik begitu. Ramah lagi orangnya. Rajin. Tadi dia kan ikut cuci piring. Cocok ga sama kau?”


Hm…mulai deh! keukeuh sumekeh deh. kalo dibiarin, langkah nyokap bisa semakin panjang. Mesti di cut deh kayanya.


“Ma…kasih aku waktu. Walo gimanapun, aku amsih saying sama “I”. Dan aku belum mau putus sama dia. Jadi yah liat aja nanti…kalo jodoh ga lari kemana kok Ma”


Mama diem. Aku diem. Abang diem.

Bokap gw diem juga ga? Udah tidur bo dari tadi……!!!!!!!!!!!!!!!!!

dQ…kamu jangan putus asa yah…kamu belum aku tinggal kawin kok!

Wakakkakakakkakakkakakakkakakakakkakakakakkakakakkakakakaka
Wrote by noldie @ 12:45 PM |