Friday, April 29, 2005
noldie dan temen2nya yang latah
Latah…dulu sempat menjadi trend. Gw punya begitu banyak kenangan mengenai “penyakit” satu ini. Secara gw dikenal sebagai anak yang sopan dan berbudi pekerti excellent…[yang protes gw tabok!!!!]…gw sempat tidak tergoda untuk ngelatahin orang. Namun, setelah 7 hari 7 malam gw melihat, menimbang dan mengingat…maka akhirnya gw memutuskan untuk berkecimpung sebagai salah seorang penggoda orang-orang latah!



Korban pertama gw adalah SONDANG. Cewek batak nan endut itu, latahnya udah sampai di grade advanced! Pertama kali gw latahin, dia protes berat! Dia ngomel-ngomel panjang lebar. Dia gw kagetin dari belakang…alhasil keluarlah seuntaian kata2 mutiara dari mulutnya!



“Lu jangan ikut-ikutan yang lain deh, Die! Lu kan temen baik gw! Selama ini kan cuma elu…”



Belum selesai dia ngomong, tiba-tiba gw tereak…”Ke disco…”



Spontan dia ngejawab…”Hura-hura!” sambil pake gerakan rapper ala IWA K.



“Noldieeeeeeeeeeeeeee…monyet luuuuuuuuuuuuuuuuuuu!”



Segera gw ngibrit sebelum dia ngebanting badan gw. Secara olahraga favoritnya adalah smack down, gw sedikit jiper ngelihat badannya yang gede dan endut itu. Ga lucu dong gw patah tulang di smack down gara2 ngelatahin orang.



Sejak itu, selama seminggu SONDANG mendadak ga pernah deket2 gw lagi. Setiap gw lewat, matanya udah keburu melotot duluan. Hahahahaha! Tapi lewat dari seminggu, dia kembali nempel di samping gw. Secara gw adalah tempat curahan hatinya, dia lebih rela dilatahin daripada kehilangan suara gw yang “ngebas nan seksi ini”! [yang protes gw santet! Hihihihi]. Sejak itu, hari-hari gw penuh dengan keceriaan karena kelatahan SONDANG! Ajaibnya…dia gampang banget dikasih latahan baru. 5 menit diajarin dia udah punya latahan baru. Jadi gw ama yang lain ga pernah bosen.



“SONDANG, sini deh! Gw mo ngomong!”



“Ogah…palingan lu mau ngerjain gw!”



“Kaga…gw mo cerita tentang si A, gebetan lu itu!”



“Bokis! Gw tau akal bulus lu!”



“Ya udah! Kalo ga mau tau…yah gw ga maksa. Tapi jangan nyesel yah!”



SONDANG mandangin gw dengan tatapan bimbang.



“Beneran nih, Die? Lu serius dong!”



“Iya…beneran!”



Dengan muka penuh minat, SONDANG duduk disamping gw. Gitu dia deket…



“NDANG…kalo gw ketuk leher belakang lu kaya gini…lu bilang Uk…Uk…Uk…Uk! [suara ayam jantan menyambut fajar!]”



“Tuh…kan! Lu mo ngerjain gw! NOLDIEEEEEEEEEEEE…gw benciiiiiiiiiiiii!”



“Pokoknya, kalo gw ketuk leher belakang lulu…lu bilang Uk…Uk…Uk…Uk!”



“Bodo… ga mau!”



Gw ketuk leher belakang SONDANG…trus…gw bimbing dia bilang Uk…Uk…Uk…. 5 kali bimbingan, dia udah “jadi”. Setiap di ketuk lehernya, spontan dia ber Uk…Uk…Uk…Uk…kaya ayam jantan! Hihihihihihihihihihi! Dan masih banyak lagi latahan baru yang diciptakan khusus buat SONDANG sebagai “TANDA DUKUNGAN” buat latahnya. Hihihihihiihihihihihihiihhi!



Soal, latahan “Uk…Uk…Uk…Uk…” ini, kelas gw punya story lucu. Waktu itu, lagi upacara bendera di sekolah. Pas lagi berdoa, semuanya kan hening. Dan SONDANG berdiri di sebelah gw. Waktu dia lagi asik nunduk, gw iseng ngetuk lehernya…dan…bisa ditebak apa hasilnya…



Dengan suara yang kencang banget… “Uk…Uk…Uk…Uk…!”



Semua kaget dengar ada suara ayam jadi-jadian. Dan ga nyampe 5 menit, acara doa bubar! Semua ngakak. Anak-anak kelas gw ketawa ampe jongkok-jongkok! Dan SONDANG…mukul-mukul, nyubit-nyubit, dan ngejambak rambut gw. [sadis yah dia…padahal…APA SALAHKU?]. Bisa ditebak, gimana kelanjutan sisa upacara itu. Dan sebagai “HADIAH” nya…gw ama SONDANG dipanggil guru BP. Sampe gw bikin surat perjanjian, ga boleh ngelatahin orang lagi. Kalo ngelanggar, gw diskors seminggu! Berlebihan banget ga sihhhhhh? Emang, guru BP suka belagu. Btw, masih ada ga guru-guru BP itu sekarang? Dan sejak itu SONDANG mendadak begitu “NGETOP” di sekolahan gw. Ga ada siswa yang ga kenal SONDANG! Bisa dikatakan…kalo gw lah yang MENGORBITKAN nama SONDANG di sekolahan [SONDANG… you owe me one!] hihihihihiihihihi!



Tapi kapok ga sih gw?



Belon sodara! Secara penyakit latah semakin mewabah. Banyak orang yang “sukarela” melatahkan dirinya biar dianggap trendy! Malah ga jarang kelihatan orang-orang yang maksa kalo latah. Responnya lambat. Nah kalo yang begini, gw kategorikan masih grade elementary. Kalo udah cepet responnya tapi belum bisa diajarin “produk latah baru” dengan kata lain cuma latah kalo dikagetin doang, ini masih grade intermediate. Tapi kalo udah bisa di ajarin “produk latah baru” kaya SONDANG, baru bisa dikategorikan grade advanced. Hihihihiihihi!



Salah satu favorit gw buat dilatahin adalah YUNI. Grade latahnya juga udah di tahap advanced kaya SONDANG. Setiap mata gw sayu dan bibir gw julurin membasahi bibir, spontan YUNI akan mendesah-desah seperti lagi “M*k*ing **VE” . Selain itu, YUNI juga punya “latah” andalan…setiap gw berjoget dangdut sambil bilang, “OH…SUNGGUH…” Secara spontan YUNI akan nyanyi “TEGANYA…TEGANYA…TEGANYA…” ala MEGGY Z! hihihiihihihihi!



Tapi…gw ga pernah nyuruh-nyuruh orang latah melakukan sesuatu ke orang lain. Gw kesian aja ngeliat orang latah disuruh nyium, meluk, mukul ato apalah. Gw beda “ALIRAN” ama yang model kaya gini. Heuheuheuheuheu!



Tapi pernah sekali…saking keselnya YUNI ama SONDANG. Mereka bikin persengkongkolan. Mereka cari tau apa yang paling gw ga suka. Akhirnya setelah berlagak jadi SHERLOCK HOLMES…mereka dapat bocoran juga ama satu binatang yang paling gw benci [nama binatangnya ga usah disebut yah…ga etis dan gnelanggar kode etik itu!!!!!]. Besoknya dengan wajah penuh kemenangan, mereka menjuntai-juntaikan binatang itu di depan mata gw. Swear tekewer-kewer…gw geli banget. Malah SONDANG mulai ngelempar-lempar tuh binatang ke gw. Yah…ga heranlah gw berusaha mengelak kaya KEANU REEVES di film MATRIX. Tapi lama-lama gw kewalahan juga, tanpa mikir panjang gw kabur dari kelas. Masih gw inget malunya gw diketawain satu kelas. Ternyata begitu yah rasanya diketawain rame-rame. Hihihihiihihih! Lagian gw bingung, tuh cewek berdua ga kenal kata jijik apa yah! Ikh…amit-amit deh! Untung gw ga pernah naksir perempuan yang hobi megang-megang binatang itu! Jangannnnnnn sampeeee!!!!!!!! Sejak itu, gw mendadak “JINAK”. Walo kadang-kadang gw nyuri kesempatan ngelatahin mereka. Kalo gw latahin, mereka sibuk nyari binatang itu ke pojokan. Kalo dapet, gw mendadak treak….”PISS man! PISS”



Tapi sekarang, gw mendapat karma dari hobi gw itu. Sampe sekarang, gw KAGETAN! Kalo kaget, spontan gw mengeluarkan untaian kata-kata tanpa makna. Tapi gw bukan latah. Swear! Gw bukan latah! Gw cuma kagetan doang! Seperti hari ini…klien gw lagi datang ke kantor. Dia mo konsultasi…tau-tau buku yang ada di rak jatuh…



GEDUBRAK!!!!!!!!!!



“Eh…copet, kampret monyong lu!”



Spontan klien gw ngakak.



“Pak Noldie latah yah?”



“Engga, saya cuma kagetan. Oh iyah…sape dimana tadi Pak?”



Gw tau muka gw merah banget. Dalam hati gw ngutuk-ngutuk yang naruh buku tebal itu secara sembarangan di rak buku! Awas kalo ketauan siapa orangnya.



Sekarang…kalo ketemu ama YUNI dan SONDANG…gw cuma mo nanya….pernah ga sih mereka berdoa supaya gw ketularan dulunya. Semoga ga pernah. Buat SONDANG ama YUNI, lu berdua adalah temen gw yang cantik-cantik banget. Gw sayang ama elu berdua. Tapi…please…kalo lu pernah doaian gw kaya gitu, doanya di ralat ato di tipe-ex yah! Pleaseeeeeee!
Wrote by noldie @ 12:58 PM |