Wednesday, March 23, 2005
noldie and his daddy
2 hari yang lalu gw ribut lagi ama bokap. Fuh!!! Masalah kecil menjadi begitu luar biasa kalo udah menyangkut diri gw ama bokap. Seharian jadi bad mood. Kerjaan berantakan. Kepala mumet. Akhirnya pelampiasan cuma chatting. Itu juga ga terlalu ngefek.
Tanpa bisa dibendung, otak gw me-rewind semua memori di otak gw. Waktu kecil gw suka diledekin abang2 gw kalo gw anak angkat. Apalagi jarak umur gw ama abang gw termasuk jauh. Dengan yang di atas gw aja, jaraknya 7 tahun. Ledekan itu begitu berbekas di hati gw. Gw inget, kalo gw diledekin tentang hal yang lain, gw selalu cuek. Paling2 banting pintu dan masuk ke kamar. Tapi kalo udah diledekin tentang hal yang satu itu, gw ga bisa nahan air mata gw. Dan yang bikin gw suka mellow, setiap lagi kumpul keluarga, gw pasti diledekin tentang yang satu itu. Dan semuanya ketawa senang. Kejadian itu terus berlanjut sampai gw kelas 4 SD. Jujur, gw berharap banget ada pembelaan dari bokap gw. Tapi beliau yang gw lihat malah ketawa senang. Cuma nyokap yang selalu siap sedia jadi my KSATRIA BAJA HITAM. Yang selalu membela kebenaran. :P dan gw inget banget, kejadian itu bisa berhenti setelah gw mendadak sakit panas setelah diledekin. Dokter bingung karena menurutnya ga ada yang aneh di badan gw. Waktu itu gw cuma cerita ke oppung. Susahnya, oppung ga bisa bahasa Indonesia. Dan waktu itu gw juga belon ngerti bahasa batak. Tapi gw cerita aja sambil nangis. Akhirnya oppung nanya ke nyokap arti dari “anak angkat” . barulah nyokap gw tau masalahnya kenapa gw bisa demam. Jujur, pada saat itu, gw benci banget ama bokap gw, ama semua abang2 gw. Trus tau2 salah satu abang gw masuk ke kamar. Ngajak gw ngobrol. Nyuapin gw makan. Dan minta maaf ama gw. Hm…kalo inget kejadian itu, sering gw merasa sangat terharu. That’s why gw sayang banget ama abang gw yang satu itu. Sampe sekarang. [Bang, maafin gw yah kalo ampe segede ini masih suka ngeselin dikau! Heuheuheuheuheu].

Gw juga ga ngerti apakah gara2 masalah itu, di bawah alam sadar gw, membuat gw jauh banget ama bokap, tapi kenyataannya ampe sekarang, gw emang ga bisa dekat ama bokap. Sering banget berantem. Sering gw ngerasa kalo bokap bisa ngertiin anak2nya kecuali gw.

Sering gw ngeliat kemesraan bokap ama abang2 gw, tapi kemesraan yang tak pernah ditujukan kepada gw. Bodohnya lagi, waktu SMU, gw sempat benar2 berpikir, kalo ledekan yang tadi itu bener. Akhirnya gw tanya langsung ke nyokap. Dan hasilnya, nyokap malah nangis. Dia bilang, dia ga nyangka kalo anak yang benar2 keluar dari rahimnya bisa menanyakan hal itu. Nyokap malah menyalahkan dirinya gara2 gw berpikiran seperti itu. Sejak saat itu, gw ga pernah nanya hal itu lagi ke nyokap. Melihat air matanya menetes, seluruh otot2 tubuh gw lemas banget. Dan gw bener2 menyesal membikin orang yang paling gw cintai menangis. I’m so sorry mum. Gw minta maaf ama nyokap gw. Ujung2nya nyokap nasehatin gw, kalo gw mesti patuh ama orang tua. Mesti taat ama orang tua. Dan nyokap bilang, kalo bokap sayang banget ama gw, cuma ga ditunjukin aja. Gw tersenyum. Walo sebenarnya pahit banget. Waktu itu gw marah ama diri gw. Kenapa dengan gw? Kenapa bokap bisa nunjukin sayangnya ke anaknya yang lain? Kenapa ke gw engga? Kemarahan yang akhirnya tergores di batin gw.

Abis kejadian itu, hubungan gw ama bokap malah memburuk. Seorang anak muda remaja yang SOMBONG merasa dicampakkan. Gw malah sempat berpikir, kalo bokap bisa tidak perduli dengan gw, kenapa gw ga bisa. [Tuhan, ampuni hambaMu saat ini]. Bahkan ketika gw mau UMPTN, bokap nyuruh gw masuk ke teknik, gw menjawab dengan secarik kertas. Gw tulis “Pa, aku tau kalo kita ngomongin itu pasti berantem. Makanya aku nulis surat ini aja. Aku ga akan pernah mau ngambil jurusan teknik. Karena aku ga punya minat disana.”bokap diam membaca surat itu. Gw juga diem di depan dia. Akhirnya bokap masuk ke kamar. dan tidak berbicara sepatah katapun dengan gw.

Perang dinginpun berlanjut. Begitu dingin hingga membekukan nuraniku.

Semalam, gw masuk ke kamar bokap. Gw lihat dia tidur. Sakitnya yang bertahun-tahun, membuat tubuh kokoh itu mulai kelihatan ringkih. Ga sadar air mata gw jatuh. Gw ga ngerti apakah gw memang marah, gw benci, ato gw bener2 sayang. Tapi jujur, disudut hati gw, gw bener2 KANGEN. Dari gw kecil, gw merindukan bayangannya. Dari kecil, gw merindukan pembelaannya. Dari kecil gw merindukan uluran tangannya. Dari kecil gw merindukan pelukannya.

Gw inget, waktu gw kelas 6 SD. Waktu gw main ke rumah temen gw, dia lagi asik bikin puzzle ama bokapnya. Gw benar2 iri. Waktu diajak gabung bersama, gw senang banget. Ini masih membekas hingga saat ini.

Tubuh yang aku rindukan itu, berbaring di depan gw. Dengan hembusan nafas yang teratur pertanda nyenyak dalam istirahat malamnya. Nyokap duduk disamping gw. Abang juga disamping gw. Waktu gw pegang tangannya , panas. Nyokap bilang, sejak berantem ama gw, bokap susah makan. Dan dari jam 5 sore mendadak badannya panas. Gw takut. Bener2 takut. Sebadung-badungnya gw, gw ga mau menjadi penyebab bokap jatuh sakit. Gw ga mau menyesal seumur hidup.

Gw tau, mata gw udah sangat bengkak. Tapi gw ga ngerti mesti bilang apa. Gw Cuma bisa megang tanganbokap aja. Nyokap menatap gw dengan tatapan yang melindungi. Air mata yang menetes kembali di pipinya memberi gw kekuatan.

Akhirnya…

“Pa…noldie minta maaf yah! Gara2 Noldie, Papa jadi sakit lagi.”

Diam tanpa reaksi!

Gw ga yakin bokap denger. Tapi gw berdoa dalam hati. Semoga ini awal yang baru dalam hidup gw.

“Pa…Dari kecil Noldie memang selalu menyusahkan papa…selalu bikin papa marah. Noldie juga tau, Noldie belum bisa mebuat papa bangga punya anak kaya noldie. Pa, beri Noldie kesempatan yah, biar bisa bikin papa bangga. Noldie sayang ama papa. Sayang banget. Doain Noldie yah, Pa. Karna Noldie tau, doa orang tualah yang bisa membuat anak-anaknya berhasil.”

Mendadak tangan itu memegang erat tangan gw. Dan gw melihat air matanya menetes. Walo dia tidak membuka matanya, tapi gw tau bokap denger. Dan itu sudah cukup bagi gw. I luv u Dad. forgive me Dad
Wrote by noldie @ 12:47 PM |